cover
Contact Name
Ibrahim
Contact Email
jurnalbiologieducation@serambimekkah.ac.id
Phone
+628126940323
Journal Mail Official
azwir@serambimekkah.ac.id
Editorial Address
Jl. Unmuha, Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Biology Education
ISSN : 2302416X     EISSN : 25492330     DOI : https://doi.org/10.32672/jbe.v10i1
Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan Oktober. jurnal ini menyajikan hasil penelitian di bidang pendidikan Biologi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Lesson Study, Pembelajaran lainnya dan penelitian Multi Disiplin Ilmu
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019" : 12 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SERTA PEMANFAATANNYA DALAM TEKNOLOGI DI SMPN 14 BANDA ACEH Jalaluddin Jala; Rubiah Rubi; Erna Wati
Jurnal Biology Education Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.486 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v7i1.1080

Abstract

PENGARUH PENERAPAN SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SERTA PEMANFAATANNYA DALAM TEKNOLOGI DI SMPN 14 BANDA ACEH Jaluddin, Rubiah, ErnawatiDosen Pendidikan BiologiMahasiswa Pendidikan Bilogi,Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh ABSRTAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta pemanfaatannya dalam teknologi di SMPN 14 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMP Negeri 14 Banda Aceh tahun ajaran  2018-2019 sebanyak 128 siswa. Sampel penelitian  ditetapkan dua kelas yaitu kelas VIII-1(17 siswa) ditetapkan sebagai kelas eksprimen yang diajarkan dengan model SQ3R dan kelas VIII-2 (17 siswa) sebagai kelas kontrol yang diajarkan  dengan metode konvensional. Instrumen  penelitian berupa silabus, RPP, LKPD, tes, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan pedoman perhitungan Normalized gain ( N-Gain), dan uji hipotesis  dengan “uji-t”. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Adanya perbedaan yang positif antara penggunaan model SQ3R dan konvensional terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa. Perolehan nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 75,04 dengan nilai N-gain 0,54 (kategori sedang) dan kelas kontrol adalah 65,52 dengan nilai N-gain 0,39 (kategori sedang) .(2) Hasil uji t- diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,30 dan t tabel 1,69 sehingga t hitungt tabel. (3) Rata rata aktivitas siswa selama pembelajaran sudah dilakukan dengan sangat baik (100%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model SQ3R pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta pemanfaatannya dalam teknologi dapat berpengaruh terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa di SMP Negeri 14 Banda Aceh.  Kata kunci : Model pembelajaran SQ3R, Penguasaan konsep siswa.
PENGARUH SUBSTITUSI PASTA UBI JALAR UNGU (IPOMEA BATATAS L.) DAN KONSENTRASI RAGI TERHADAP VOLUME PENGEMBANGAN ROTI TAWAR Chairuni AR; Banda Ratrina Katsum; Zahlul Akbar
Jurnal Biology Education Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.376 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v7i1.1071

Abstract

PENGARUH SUBSTITUSI PASTA UBI JALAR UNGU (IPOMEA BATATAS L.) DAN KONSENTRASI RAGI TERHADAP VOLUME PENGEMBANGANROTI TAWAR Chairuni AR a, 1*, Banda Ratrina Katsum a, 2, Zahlul Akbar a, 3a Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Universitas Serambi Mekkah, Jl. Tgk. Imum Lueng Bata, Batoh, Banda Aceh, 23245, Indonesia 1 chairuni@serambimekkah.ac.id* ; 2 BandaRK@gmail.com; 3 Zahlul_A@gmail.com  ABSTRAK Salah satu bahan yang bisa disubstitusikan pada pengolahan roti tawar adalah pasta ubi jalar ungu. Selain untuk penganekaragaman, pengolahan pasta ubi jalar ungu akan memberikan warna khas ungu pada roti tawar tersebut mempengaruhi kualitas rasa yang berbeda dari roti tawar biasa serta juga akan menambah nilai gizi pada roti tawar. Ragi adalah mikroorganisme dari jenis Saccharomyces cerevisiae yang berfungsi menghasilkan gas dalam adonan dengan mengubah gula menjadi gas karbondioksida, mematangkan dan melunakkan gluten dalam adonan sehingga gluten dapat menahan pengembangan gas dengan rata. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2 faktorial yang digunakan adalah substitusi pasta ubi jalar ungu : tepung terigu (K) adalah 25:75%;20:80%;15:85% dan konsentrasi ragi (P) adalah 6%; 7%; 8%. Analisa dilakukan terhadap kadar air dan uji organoleptic (warna, aroma dan rasa). Perlakuan terbaik substitusi pasta ubi jalar ungu : tepung terigu dan konsentrasi ragi yaitu pada perlakuan K2P3 (20:80%)(8%) menghasilkan roti tawar mutu baik dengan sifat kimia yaitu kadar air 30,25%, volume pengembangan roti 132,94% dan uji organoleptic pada warna 3,74 (suka); aroma 3,70 (suka) dan rasa 4,00 (suka) Kata Kunci: Roti tawar Substitusi Ubi jalar ungu (Ipomea batatas L.) Ragi
PEMBELAJARAN EKOSISTEM DENGAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SMAN ISLAM SERAMBI MEKKAH ACEH BARAT Sufiani Ani
Jurnal Biology Education Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.885 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v7i1.1073

Abstract

PEMBELAJARAN EKOSISTEM DENGAN  METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN  PENGETAHUAN  SISWA SMANISLAM SERAMBI MEKKAH ACEH BARAT SufianiE-Mail. sufibiologi@gmail.comGuru SMA Islam Serambi Mekkah  - Aceh Barat ABSTRAK  Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan mengetahui pengetahuan siswa SMA melalui penggunaan metode karyawisata pada konsep   ekosistem. Subjek sekolah adalah  SMA Islam Serambi Mekkah  kelas X MIA diajarkan dengan metode karyawisata dan 1 kelas diajarkan dengan metode konvensional.  Sampel ditetapkan Semua peserta kelas X MIA.1 dan X MIA.2 total sampel 49 siswa. kelas X MIA.1 diajarkan dengan metode karyawisata dan 1 kelas X MIA.2  diajarkan dengan metode konvensional. Data pengetahuan diperoleh dengan tes Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil  uji-t diperoleh harga t-hitung t-tabel pada taraf 5% (6,333 2.002). Kesimpulan penelitian adalah  pengetahuan siswa melalui penerapan metode karyawisata tentang ekosistem mangrove lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.   Kata Kunci: Metode Karyawisata, Pengetahuan, Ekosistem
IDENTIFIKASI JENIS-JENIS BURUNG DI TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN ACEH Isfan Ramadzan; Azwir Azwir; Ibrahim Ibrahim
Jurnal Biology Education Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.345 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v7i1.1081

Abstract

IDENTIFIKASI JENIS-JENIS BURUNG DI TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN ACEH Isfan Rahmadzan1, Ibrahim2, Azwir3Universitas Serambi Mekkah ABSTRAKPenelitian ini berjudul “Identifikasi Jenis-Jenis Burung Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Aceh” TAHURA Pocut Meurah Intan Provinsi Aceh menjadi salah satu habitat yang dilindungi bagi flora dan fauna salah satunya burung. Tujuan penelitian untuk mengetahui identifikasi jenis-jenis burung di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan metode Transect Line. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Jenis dan pendekatan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 21 jenis burung yang ditemukan di lapangan yaitu pada stasiun 1 terdapat 6 jenis burung, diantaranya: cicem beurijuk/kutilang (Pycnonotus aurigaster) 5 ekor, cicem trocok (Pycnonotus goiavier) 3 ekor, Cicem meureubok/cicem perkutut (Streptopelia chinensis) 2 ekor, Cicem tok-tok beuragoe kundang (Chrysocolaptes validus) 2 ekor, Cicem tok-tok beuragoe mirah (Picus miniaceus) 1 ekor, Burung Rambatan (Sitta frontalis) 4 ekor.Pada stasiun 2 terdapat 4 jenis burung, diantaranya: Kleung/Elang ular bido (Spilornis cheela) 1 ekor, Kleung Itam/Elang Hitam (Ictinaetus malayensis) 2 ekor, Elang perut karat (Lophotriorchis kienerii) 1 ekor, Rangkong papan/Enggang (Buceros bicornis) 4 ekor.Pada stasiun 3 terdapat 5 jenis burung, diantaranya: Cicem tok-tok beuragoe kijang (Micropternus brachyurus) 1 ekor, cicem got-got (Centropus sinensis) 1 ekor, cicem tulung tumpuk (Megalaima javensis) 2 ekor, cicem cekakak sungai (Todirhamphus chloris) 3 ekor, cicem tiong emas/beo (Gracula religiosa) 1 ekor.Pada stasiun 4 terdapat 6 jenis burung, diantaranya: cicem beurijuk sutra/kutilang sutra (Pycnonotus) 2 ekor, cicem beurijuk meuh/kutilang emas (Pycnontus melanicterus) 1 ekor, cicem rampineung (Treron capellei) 1 ekor, cicem serendit (Loriculus pusillus) 3 ekor, burung cica daun hijau (Chloropsis sonnerati) 2 ekor, cicem kolibri (Anthreptes malacensis) 6 ekor.Jumlah jenis burung yang dapat diidentifikasi dan diambil dokumentasinya berjumlah 21 jenis burung. Kata Kunci: TAHURA, identifikasi burung, stasiun
PEMBELAJARAN EKOSISTEM DENGAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SMAN ISLAM SERAMBI MEKKAH ACEH BARAT Sufiani Ani
Jurnal Biology Education Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.885 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v7i1.1072

Abstract

PEMBELAJARAN EKOSISTEM DENGAN  METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN  PENGETAHUAN  SISWA SMANISLAM SERAMBI MEKKAH ACEH BARAT SufianiE-Mail. sufibiologi@gmail.comGuru SMA Islam Serambi Mekkah  - Aceh Barat ABSTRAK  Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan mengetahui pengetahuan siswa SMA melalui penggunaan metode karyawisata pada konsep   ekosistem. Subjek sekolah adalah  SMA Islam Serambi Mekkah  kelas X MIA diajarkan dengan metode karyawisata dan 1 kelas diajarkan dengan metode konvensional.  Sampel ditetapkan Semua peserta kelas X MIA.1 dan X MIA.2 total sampel 49 siswa. kelas X MIA.1 diajarkan dengan metode karyawisata dan 1 kelas X MIA.2  diajarkan dengan metode konvensional. Data pengetahuan diperoleh dengan tes Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil  uji-t diperoleh harga t-hitung t-tabel pada taraf 5% (6,333 2.002). Kesimpulan penelitian adalah  pengetahuan siswa melalui penerapan metode karyawisata tentang ekosistem mangrove lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.   Kata Kunci: Metode Karyawisata, Pengetahuan, Ekosistem
Perbedaan Hasil Belajar antara penerapan Blended Learning dangan Metode Konvesrional dalam Pembelajaran Biologi pada Konsep Ekosistem Siswa kelas X SMA 2 Banda Aceh Mus riadi
Jurnal Biology Education Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jbe.v7i1.205

Abstract

Hasil Penilaian Sejawat Sebidang atau Peer Review Karya Ilmiah : Jurnal Ilmiah
IMPLELENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIT TINGKAT TINGGI PADA SISWA Jailani Jailani; Anwar Anwar
Jurnal Biology Education Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.187 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v7i1.1077

Abstract

IMPLELENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIT TINGKAT TINGGI PADA SISWA  OlehJailani, dan Anwar FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh  Abstrak: Rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan tingkat penalaran berpengaruh terhadap rendahnya prestasi belajar mereka. Salah satu penyebabnya adalah kecendrungan siswa terbiasa hanya  mengembangkan pola berpikir tingkat rendah. Sebenarnya  salah satu tujuan utama pendidikan sains adalah mendorong perkembangan intelektual dan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada diri siswa. Penyiapan generasi berkualitas hendaknya dapat dilakukan melalui pemberdayaan siswa melalui pemecahan masalah dengan meningkatkan penalaran dalam pendekatan, strategi, metode maupun upaya tehnis pembelajaran apapun. Salah satu contoh pembelajaran yang memberdayakan pemecahan masalah, dan yang diyakini dapat meningkatkan hasil pembelajaran adalah yang menggunakan pola pembelajaran berdasarkan masalah atau Problem Based Learning (PBL). PBL dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, dan keterampilan intelektuan, sehingga menjadi siswa yang autonom dan mandiri. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL),  berpikir tingkat tinggi
IMPLELENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIT TINGKAT TINGGI PADA SISWA Jailani Jailani; Anwar Anwar
Jurnal Biology Education Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.187 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v7i1.1076

Abstract

IMPLELENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIT TINGKAT TINGGI PADA SISWA  OlehJailani, dan Anwar FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh  Abstrak: Rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan tingkat penalaran berpengaruh terhadap rendahnya prestasi belajar mereka. Salah satu penyebabnya adalah kecendrungan siswa terbiasa hanya  mengembangkan pola berpikir tingkat rendah. Sebenarnya  salah satu tujuan utama pendidikan sains adalah mendorong perkembangan intelektual dan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada diri siswa. Penyiapan generasi berkualitas hendaknya dapat dilakukan melalui pemberdayaan siswa melalui pemecahan masalah dengan meningkatkan penalaran dalam pendekatan, strategi, metode maupun upaya tehnis pembelajaran apapun. Salah satu contoh pembelajaran yang memberdayakan pemecahan masalah, dan yang diyakini dapat meningkatkan hasil pembelajaran adalah yang menggunakan pola pembelajaran berdasarkan masalah atau Problem Based Learning (PBL). PBL dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, dan keterampilan intelektuan, sehingga menjadi siswa yang autonom dan mandiri. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL),  berpikir tingkat tinggi
PENGARUH OBESITAS TERHADAP KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) DI PUSKESMAS DARUL IMARAH ACEH BESAR Arnisam Arni; Silvia Wagustina
Jurnal Biology Education Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.828 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v7i1.1078

Abstract

PENGARUH  OBESITAS  TERHADAP  KEJADIAN  PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) DI PUSKESMAS DARUL IMARAH ACEH BESAR Arnisam1, Silvia Wagustina21,2 Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh Abstrak Penyakit jantung koroner  merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia dan 60 % dari seluruh penyebab kematian penyakit jantung adalah penyakit jantung iskemik. Faktor penyebab munculnya penyakit jantung adalah kelebihan berat badan atau obesitas, Orang yang mengalami kegemukan akan diikuti dengan penimbunan lemak dan peningkatan kadar kolesterol darah. Peningkatan kadar kolesterol dan asam lemak inilah yang dapat mengakibatkan aterosklerosis dan thrombosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh obesitas terhadap kejadian penyakit jantung koroner (PJK) di Puskesmas Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan design Case Control Study yang dilakukan pada bulan Juli  sampai September 2018 dengan 64 subjek penelitian. Data yang dikumpulkan meliputi data karakteristik subjek penelitian, asupan lemak jenuh, karbohidrat sederhana dan obesitas. Analisa data dilakukan dengan chi-square dengan tingkat kepercayaan 95% dan OR. Pada kelompok kasus, subjek penelitian yang menderita kelebihan BB (IMT ≥ 25 kg/m2) sebesar 71,9%. Pada kelompok kontrol  43,8% subjek penelitian menderita kelebihan BB. BB normal  merupakan salah satu faktor yang dapat mencegah terjadinya PJK. Penderita obesitas perlu menurunkan BB dan mengatur diet agar menurunkan kadar kolesterol, LDL dan meningkatkan HDL dalam darah untuk mencegah PJK. Kata kunci : Penderita Penyakit Jantung Koroner, Kelebihan Bb, Kadar Kolesterol dan         Trigiliserida.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIG SAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKSKRESI MANUSIA PADA SISWA KELAS XI IPA. 3 SMA NEGERI 1 MATANGKULI KABUPATEN ACEH UTARA Muhammad Jamil
Jurnal Biology Education Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.651 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v7i1.1074

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIG SAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKSKRESI MANUSIA PADA SISWA KELAS XI IPA. 3 SMA NEGERI 1 MATANGKULI KABUPATEN ACEH UTARA  Muhammad JamilGuru SMA Negeri 1Matangkuli, Aceh Utara(jamilbio31@gmail. com) ABSTRAKPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran biologi Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di Kelas XI IPA. 3 SMA Negeri 1 Matangkuli Kabupaten Aceh Utara.Tujuan dari penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di Kelas XI IPA. 3SMA Negeri 1 Matangkuli tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Jigsaw, yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA. 3 SMA Negeri 1 Matangkuli Kabupaten Aceh Utara tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 34 orang.  Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama(3) bulan, dari bulan Maret sampai dengan bulan mei,  dalam 2 siklus .Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi, wawancara dan kajian dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data.Simpulan dari penelitian adalah penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar  siswa dalam pembelajaran biologi di kelas XI IPA. 3 SMA Negeri 1 Matangkuli tahun pelajaran 2017/2018. Hasil dari observasi menunjukkan rata-rata indikator aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada siklus I adalah 63,29% dan pada siklus II adalah 87,85%. Dari siklus I ke siklus II meningkat 24,56%. Hasil tes pengetahuan materi sistem ekskresi pada manusia juga mengalami peningkatan pada siklus I adalah 65,67 dan pada siklus II 80,51, dari siklus I ke siklus II meningkat 14, 84. Hasil angket kepuasan siswa terhadap penggunaan pembelajaran model jigsaw juga meningkat dari siklus I adalah 78,41 dan pada siklus II 81,78, dari siklus I ke siklus II meningkat 3, 37. Demikian juga pada penampilan guru pada proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 61,0% dan pada siklus II 83,50% meningkat sebesar 22,50.  Kata Kunci:  model pembelajaran jigsaw, hasil belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 12